My Photo
Name:
Location: Jakarta, Indonesia

I AM HADI PATRONUSSTO, merupakan anagram sempurna dari nama Muggle saya: ISMANTO HADI SAPUTRO.

Monday, October 16, 2006

FEMALE RADIO: Milis Indo-HarryPotter

Thursday, April 11, 2002

AFG: Milis Indo-HarryPotter

Bayangkan, seandainya Anda tinggal selama 10 tahun di lemari di bawah tangga bersama keluarga yang membenci Anda, lalu tiba-tiba dalam sekejap hidup Anda berubah, Anda dikelilingi penyihir, burung hantu putih yang bisa mengirim surat, naga, kastil dan makanan-makanan aneh yang belum pernah Anda temui dalam hidup Anda.

J.K. Rowling seakan menyihir anak-anak di seluruh dunia dengan dunia fantasi penuh sihir, mantra dan segudang keajaiban yang membuat bocah kecil berambut berantakan dengan tanda kilat di kening bernama Harry Potter menjadi begitu terkenal di kalangan anak-anak.

Rabu sore (10 April 2002), Ida dan Koes kedatangan penyihir dan auror dari negeri milis indo-harrypotter@yahoogroups.com. Mereka adalah Erwin Ginanjar (moderator), Eduardi Prahara, Rina alias gl0rib0ks dan Fauzi Izhak. Selain milis, indo-harrypotter juga memiliki website di harrypotterindonesia.com yang membahas segala sesuatu yang berkaitan dengan Harry Potter dalam bahasa Indonesia dengan Erwin dan Edu sebagai webmaster. Menurut Erwin, para anggota milis dan komunitas website juga aktif membantu dalam hal content website.

Milis indo-harrypotter ini sendiri pada awal berdirinya sekitar bulan November tahun 2001 sekitar bulan November banyak membahas tentang Harry Potter, filmnya dan kabar burung seputar kemunculan buku kelima, sekuel film sampai menduga-duga siapa yang akan menjadi pacar Harry Potter. Saat ini anggotanya sudah lebih dari 242 imel yang tercatat dengan anggota mulai dari anak usia 12 tahun sampai 46 tahun (berdasarkan pengakuan para anggota). Namun tidak semua posting yang masuk membahas tentang Harry Potter. Adakalanya obrolan menyimpang ke film dan buku lain seperti Lord of the Rings yang diperbandingkan dengan Harry Potter.

Salah satu telepon yang masuk berasal dari Fifi yang anaknya keranjingan Harry Potter dan membaca bukunya berkali-kali. Fifi selalu membaca buku-buku yang dibaca oleh anaknya dan melihat bahwa ada banyak nilai positif yang bisa diambil dari Harry Potter. Misalnya saja tentang poin yang diperoleh setiap kali para murid-murid Hogwarts yang menjadi tokoh di Harry Potter melakukan hal positif dan cara ini diterapkan oleh Fifi ke anak-anaknya. Namun demikian Fifi melarang anaknya untuk menghafal sihir, mantra maupun isi buku Harry Potter dan menekankan pada anaknya bahwa semua itu hanya fantasi. Yang jelas buat Fifi, anak-anak hanya boleh mengidolakan hal yang positif saja.

Selain itu, ada Val-Val salah satu anggota milis indo-harrypotter yang masih berusia 12 tahun dan tergolong paling aktif di milis mengatakan bahwa ia tidak terpengaruh dengan sihir atau mantra di Harry Potter. Ketika ditanya apa yang ingin disampaikan Val-Val kepada para orang tua yang anak-anaknya menjadi penggemar Harry Potter, Val-Val hanya berkelakar “Gitar elektrik!”

Kabarnya, sampai saat ini buku cerita anak-anak Harry Potter terjemahan bahasa Indonesia tercatat sebagai yang paling laris dari semua terjemahan Harry Potter di seluruh dunia.

Di tengah-tengah acara, salah satu anggota milis, Anas dari Gramedia Pustaka Utama sempat mengirim SMS yang berisi pesan bahwa selama ini Gramedia hanya berhubungan dengan Mr C Little, agen JK Rowling karena J K Rowling sang pengarang Harry Potter itu tidak bersedia dihubungi secara langsung.

Di akhir acara, Erwin Ginanjar yang menjadi moderator milis mengatakan bahwa milis indo-harrypotter@yahoogroups.com akan mengadakan pertemuan pada hari Sabtu tanggal 13 April 2002 di Bale Ayer. Kepada pendengar yang ingin bergabung, Erwin berjanji akan membawa spanduk supaya tidak bingung mencari.

(alamat milis: indo-harrypotter@yahoogroups.com ; alamat website: www.harrypotterindonesia.com)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home