My Photo
Name:
Location: Jakarta, Indonesia

I AM HADI PATRONUSSTO, merupakan anagram sempurna dari nama Muggle saya: ISMANTO HADI SAPUTRO.

Monday, February 23, 2009

MEDIA INDONESIA: Pecinta Harry Potter, dari Anak SD sampai Ibu-Ibu

Minggu, 23 November 2008 00:03 WIB
Penulis: Syifa Dwi Ulayya
http://mediaindonesia.com/index.php?ar_id=NDU4MzI=



Pecinta Harry Potter, dari Anak SD sampai Ibu-Ibu


SIAPA sih yang enggak kenal Harry Potter? Nama tokoh penyihir cilik karangan JK Rowling ini memang terkenal di seluruh dunia. Buku-buku seri Harry Potter satu hingga tujuh laris terjual, begitu pula dengan filmnya. Enggak heran kalau para penggemar Harry Potter, khususnya yang di Indonesia, kini membentuk sebuah komunitas.

Pada 8-9 November 2008 lalu, aku, Syifa Dwi Ulayya, siswi kelas VI, SDN Lebak Bulus 02 Pagi bertemu dengan para pecinta Harry Potter di Indonesia Consumunity Expo 2008, acara kumpul bareng komunitas, di Gelora Senayan. Ingin tahu lebih banyak soal komunitas ini? Ikuti bincang-bincang aku dengan Umar Basalamah, aktivis komunitas Indo Harry Potter berikut ini ya.

Kapan Indo Harry Potter ini berdiri?
Pada 1 Oktober 2001. Waktu itu didirikan dua orang, dan perkembangannya mulai meningkat sejak 2003. Saat ini anggota kami mencapai 4.000 orang.

Tujuannya?
Untuk mengumpulkan juga sharing pengetahuan tentang Harry Potter.

Kalau mau ikutan komunitas ini, syaratnya apa saja?
Syaratnya cukup satu, yaitu suka sama Harry Potter. Itu saja.

Anggotanya dari mana saja, Kak?
Dari seluruh Indonesia, ada juga beberapa anggota kita yang dari luar negeri.

Siapa saja anggotanya Kak, apakah hanya anak-anak?
Oh sangat beragam, mulai dari anak-anak SD, hingga kuliahan, juga ibu-ibu yang sudah punya anak.

Selain milis, kegiatannya lainnya?
Biasanya kita mengadakan kumpul-kumpul atau gathering, kita menyebutnya offline. Kemarin terakhir kita mencapai offline yang ke-17. Tahun depan ke-18. Selain itu, kalau ada film Harry Potter terbaru kita pasti mengadakan nonton bareng.

Kalau aku ikutan komunitas ini, keuntungannya apa ya?
Kamu pasti bakal banyak teman. Kebanyakan anak-anak Indo Harry Potter punya teman banyak. Yang pasti pengetahuan kamu tentang Harry Potter akan bertambah.

Kakak dan anggota komunitas pecinta Harry Potter ini, percaya enggak sih sama dunia sihir?
Kalau anggota-anggota kita yang masih kecil percaya bahwa dunia seperti itu ada. Tapi kalau anggota yang sudah lebih dewasa dan punya pengetahuan, tahu kalau itu tidak ada. Kami hanya menikmati ceritanya saja.

Sekarangkan buku cerita Harry Potter sudah sampai episode yang ketujuh, artinya sudah selesai. Lalu rencana kelanjutan komunitas ini bagaimana?
Saat ini kami masih fokus ke filmnya dulu. Sekarangkan baru film yang kelima, masih ada film keenam dan ketujuh yang akan dibuat. Nanti kita lihat saja ke depannya. M-5

0 Comments:

Post a Comment

<< Home